SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A. Topik Permasalahan : Kemampuan berkonsentrasi dalam belajar
B. Bidang Bimbingan : Bimbingan Belajar
C. Jenis Layanan :
Layanan Orientasi
D. Fungsi Layanan :
Pemahaman
E. Tujuan
Layanan : Agar siswa dapat mengetahui
bagaimana cara-cara dalam berkonsentrasi dalam belajar.
F. Sasaran :
Siswa SMA kelas X
- Materi dan Uraian Kegiatan
1. Materi : Terlampir
2. Uraian Kegiatan :
GURU PEMBIMBING
|
SISWA
|
1. Guru masuk kelas dengan
mengucap salam.
|
1. Siswa duduk
dan menjawab salam.
|
2. Menyampaikan materi.
|
2. Siswa
mendengarkan dan memahami materi yang diberikan.
|
3. Membagi kelompok
(setiap kelompok ada 5 orang). |
3. Membentuk
kelompok yang terdiri dari 5 orang.
|
4. Memberikan tugas.
|
4. Memahami
dan mempelajari tugas yang diberikan oleh guru.
|
5. Menyuruh kelompok untuk
mengerjakan tugas.
|
5. Setiap
kelompok mengerjakan tugas.
|
6. Mngevaluasi kegiatan.
|
6. Memahami
dan mengambil nilai-nilai dari maksud kegiatan tersebut.
|
H. Metode : Ceramah, Tanya-jawab,
diskusi.
I. Tempat
Penyelenggaraan : Kelas X-1
J. Waktu :
1x45 menit
Hari, Tanggal : 11 Maret
2012
Semester : I
(ganjil)
K. Penyelenggara
Layanan :
Guru Pembimbing
L. Pihak yang
Disertakan : Guru mata
pelajaran Bahasa Indonesia
M.
Alat/perlengkapan : Alat tulis
(buku,pena), papan tulis, spidol.
N.
Rencana Penilaian dan
Tindak Lanjut :
1. Rencana Penilaian
a.
Laizeg
Dalam penilaian ini guru secara
langsung mengamati atau mengobservasi langsung proses jalannya kegiatan.
Setelah kegiatan guru pembimbing mengevaluasi tentang makna atau nilai-nlai apa
yang didapatkan dalam kegiatan tersebut.
b.
Laijapen
Guru pembimbing menyerahkan peserta didik
kepada guru maple untuk diliat atau dipantau perkembangannya selama 1 bulan.
Apakah ada perkembangan atau perubahan yang lebih baik setelah mendapatkan
bimmbingan tersebut.
c.
Laijapan
Dalam penilaian ini dapat
diliat dari hasil belajar selama satu semester dengan melihat raport siswa.
2. Tindak Lanjut
Dalam tindak lanjut ini akan dilakukan
jika ada salah satu siswa atau beberapa siswa belum mengalami perubahan. Dalam
tindak lanjut ini bias menggunakan konseling individu atau konseling kelompok.
O.
Keterkaitan Layanan
Dengan Kegiatan
Pendukung : Instrument dan Himpunan Data
P.
Catatan Khusus : -
Q.
Sumber : www.hprory.com/pengertian-konsentrasi/
Salatiga, 11 Maret 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
Drs.
Budianto Rina
Ayu Bintari
NIP.
17600987 NIP.
132010039
LAMPIRAN
1
MATERI
KONSENTRASI
konsentrasi
adalah pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. semua kegiatan kita membutuhkan
konsentrasi.
dengan konsentrasi kita dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan dengan hasil
yang lebih baik. karena kurang konsentrasi hasil pekerjaan biasanya tidak dapat
maksimal dan diselesaikan dalam waktu yang cukup lama.
salah satu
penyebab seseorang mengalami gangguan
konsentrasi adalah karena orang tersebut gemar
melamun secara berlebihan. ketika seseorang melamun maka pikirannya akan
melayang-layang sehingga kekuatan konsentrasinya menjadi lemah. prilaku ini
harus secepatnya dicegah karena jika hal ini dibiarkan terlalu lama maka orang
tersebut akan menjadi gagal dalam mencapai cita-citanya.
agar konsentrasi
menjadi kuat maka kita perlu melatih
konsentrasi.
pikiran perlu diarahkan hanya pada satu titik saja pada suatu waktu. jika
pikiran melayang maka orang tersebut harus diingatkan dan diarahkan agar kembali
ke titik semula.
Berikut ini ada
beberapa tips cara meningkatkan konsentrasi belajar (Marthinz) :
1. Hilangkan Beban dan Tugas-Tugas
Jika ada
PR (pekerjaan rumah) sebaiknya diselesaikan dulu agar tidak kepikiran
terus-menerus pd saat kegiatan belajar berlangsung. Lakukan identifikasi
hal-hal yg hrs dilakukan / melaksanakannya agar tidak ada beban
2. Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan
|
|
Untuk
menyemangati kegiatan belajar kita harus sedikit berandai-andai, yakni kalau
kita sudah besar nanti akan sukses jadi org pandai, penghasilan besar, punya
pacar cakep, dll. Dengan demikian maka kita akan menjadi lebih terpacu untuk
meraih masa depan yang kita cita-citakan
3. Jangan Terlalu Capek
Usahakan
tidak membuat jadwal belajar dgn aktivitas fisik berlebih seperti olahraga,
main seharian, jalan-jalan ke mall, dan lainnya. Kalau sudah terlanjur capek
maka bljr sebentarpun sudah bisa membuat ngantuk. Bila pulang sekolah sebaiknya
langsung tidur siang atau sore lalu stlh bangun tidur langsung belajar yg
serius.
4. Posisi Belajar Yang Pas
Belajar
jangan dengan posisi tubuh yang salah seperti sambil tiduran, sambil
jalan-jalan, sambil nonton tv, sambil ngobrol, sambil jongkok, dan lain
sebagainya. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar jika ada atau di
meja dan kursi yang membuat kita senyaman di meja kursi sekolah atau kampus.
5. Tempat yang tenang dan nyaman
Hindari
lokasi belajar yg berisik/mudah menghilangkan konsentrasi belajar kita. Bila
perlu menyendirilah anda di kamar tanpa suara apapun. Beritahu orang-orang di
rumah kalau anda sedang belajar dan mohon untuk tidak diganggu beberapa waktu
demi masa depan yang cemerlang.
6. Cari Tahu Metode Belajar Yang Tepat
Coba saja
aktivitas tertentu yang menurut kamu dapat menunjang masuknya materi pelajaran
ke dalam otak. misal sambil mendengarkan musik, sambil menyanyi, sambil
keliling-keliling, sambil corat-coret kertas.
7. Strategi Menghapal Materi Pelajaran
Jika
punya kesulitan menghapal / memahami pelajaran maka sebaiknya membuat rangkuman
pelajaran yang mudah dimengerti dan dpt dilihat / dibaca-baca kembali jika ada
yang lupa. Bisa juga membuat hub.gmbr-gmbr yg mewakili point-poin pelajaran.
Bisa juga merekam suara kita saat membaca materi pelajaran utk didengar
kembali. Bisa pula membuat pertanyaan-pertanyaan tertentu yang atas materi yg
telah dipelajari, dan lainnya.
8. Istirahat / Break Jika Lelah
Jangan
dipaksakan tubuh yang lelah untuk terus belajar karena tidak ada gunanya.
Percuma bila dipaksakan pun bisa-bisa menjadi sakit spt; pusing vertigo, demam,
badan lemas, masuk angin, dan lain-lain. Pelajaran yang sudah dihapal pun
mungkin saja bisa
9. Lupakan Sejenak Masalah Cinta dan Pacar
Buat apa
pacaran kalau masa depan kamu rusak. Lebih baik jangan pacaran dulu kalau belum
punya pacar atau buat kesepakatan dengan kekasih pujaan hati untuk janji saling
setia dan saling mendukung dalam kegiatan belajar mengajar akan terlupakan.
Selain
dari metode belajar yang diperhatikan, ada juga beberapa hal
yang harus kita ketahui, yaitu faktor fisik yang juga mendukung konsentrasi
dalam belajar. Apabila kita benar – benar menguasainya, konsentrasi memiliki
manfaat yang luar biasa terhadap hidup kita. Konsentrasi dapat meningkatkan
produktivitas dan memberikan ketenangan pikiran.
Untuk itu
saya juga akan memaparkan beberpa tips cara meningkatkan konsentrasi belajar anak dari segi fisik.
Tips Cara Meningkatkan
Konsentrasi Belajar Anak
1. Minum Vitamin Otak
Kita
semua tahu bahwa vitamin dapat melakukan banyak hal baik bagi tubuh kita. Jika
Anda tidak memiliki nutrisi yang Anda butuhkan, maka otak kita akan memiliki
kabut otak. Terdengar bodoh? Tapi itu benar.
2. Tingkatkan Aktivitas Fisik
Anda
Jika Anda
ingin meningkatkan konsentrasi, maka Anda harus mencoba untuk meningkatkan
aktivitas fisik Anda. Olahraga secara teratur tidak hanya membantu penampilan
fisik Anda tetapi juga meningkatkan konsentrasi Anda.
3. Kurangi Konsumsi Gula Anda
Ya, Anda
harus mengurangi konsumsi gula Anda. Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat
mengakibatkan efek yang keras pada tubuh Anda. Hal ini tidak akan membantu
konsentrasi Anda. Memiliki kadar gula yang tinggi dalam sistem tubuh Anda dapat
menyebabkan sistem tubuh Anda mudah terganggu.
4. Minum Banyak Air
Jika Anda
tidak minum cukup banyak air, otak Anda akan menjadi lesu. Oleh karena itu,
sangat masuk akal jika Anda minum banyak air. Minum air akan membantu untuk
meningkatkan konsentrasi Anda.
5. Tidur Nyenyak Di Malam Hari
Jika Anda
ingin memiliki hari yang sukses, maka sangat penting bagi Anda untuk memastikan
Anda tidur dengan nyenyak di malam hari. Jika Anda tidak tidur dengan baik di
malam hari, maka konsentrasi Anda tidak akan berjalan dengan baik pada hari
berikutnya.
6. Menyelesaikan Masalah
Jika Anda
memiliki sesuatu di pikiran Anda, maka hal itu dapat menyumbat konsentrasi Anda
sampai Anda mengeluarkan hal itu dari pikiran Anda. Temukan seseorang yang Anda
percaya dan ungkapkan semuanya. Ini bukan suatu hal yang salah, setiap orang
melakukannya dari waktu ke waktu.
7. Mendapatkan Pijatan
Saya suka
jika suami saya memijat saya. Saya tidak suka orang asing menyentuh tubuh saya,
terutama jika suami saya dapat melakukan hal ini tanpa dipungut biaya. Saya
menemukan bahwa pijatan yang baik selalu dapat meningkatkan konsentrasi saya dalam menjalani hari-hari yang
sibuk.
LAMPIRAN
2
METODE
PERMAINAN
STIP
SEVEN
Tujuan
dari permainan :
·
Simulasi permainan untuk pemanasan
·
Pencairan suasana
·
Kesamaan pikiran/ konsentrasi
·
Membentuk dasar dari kerjasama
Waktu :
45 menit
Jumlah
peserta : 42 orang
atau lebih
Desain
Ruangan : disesuaikan
dengan jumlah peserta
Alat
Bantu : papan
tulis, spidol, peluit
Prosedur :
·
Disini peserta berdiri bersamaan dengan
berpegangan tangan.
·
Fasilitator menginstruksikan berpasangan akan
mencoba dari posisi 2 orang, kemudian meningkat terus dan akhirnya akan
keselluruhan anggota/ peserta pelatihan.
·
Fasilitator memberikan aba-aba apabila peserta
dari posisi 2 orang mendengar aba-aba Everybody down maka kedua orang tersebut,
aka duduk dan berpegangan tangan, lalu ada aba-aba Everybody Ups….maka mereka
akan berdiri bersama-sama. Demikian seterusnya.
LAMPIRAN
3
DISKUSI
KELOMPOK
1.
Apa yang kalian peroleh dari permainan “konsentrasi” ?
2.
Apa yang membuat kalian bisa berkonsentrasi?
3.
Bagaimana perasaan kalian setelah mengikuti permainan
ini ?
LAMPIRAN
4
PEDOMAN
OBSERVASI
ASPEK YANG DIAMATI
|
JUMLAH
|
Siswa
yang mengobrol saat materi disampaikan
|
16
siswa
|
Siswa
yang bertanya
|
5
siswa
|
Siswa
yang mengikuti permainan
|
42
siswa
|
Siswa
yang berpartisipasi dalam diskusi kelompok
|
42
siswa
|
Siswa
yang mengungkapkan hasil diskusi
|
10
siswa
|
Siswa
yang belum berhasil berkonsentrasi dalam permainan
|
26
siswa
|
Laporan
pelaksanan layanan bimbingan dan konseling
Judul/
spesifikasi layanan :
meningkatkan konsentrasi belajar
Kelas : X-1
Waktu
pelaksanaan :
12 Maret 2012
Hasiil :
Kegiatan awal diceritakan : guru memasuki kelas dengan
melihat terlebih dahulu bagaimana keadaan kelas pada saat itu, lalu mengucapkan
salam dan siswa-siswanya menjawab salam.
Kegiatan
inti :
guru menyampaikan materi kepada peserta didik.
Kegiatan akhir : guru
memberikan umpan balik terhadap peserta didik.
Hasil penilaian
awal : peserta
didik merespon dengan antusius karena pada mata pelajaran sebelumnya sangat
membosankan.
bagus..sudah saya nilai
BalasHapus