Selasa, 13 Maret 2012

SATLAN


SATUAN LAYANAN

BIMBINGAN DAN KONSELING


A.  Topik Permasalahan    : Kemampuan berkonsentrasi dalam belajar

B.  Bidang Bimbingan      : Bimbingan Belajar

C.  Jenis Layanan              : Layanan Orientasi

D.  Fungsi Layanan           : Pemahaman
E.   Tujuan Layanan          : Agar siswa dapat mengetahui bagaimana cara-cara dalam berkonsentrasi dalam belajar.

F.   Sasaran                        : Siswa SMA kelas X

  1. Materi dan Uraian Kegiatan

1. Materi                      : Terlampir

2. Uraian Kegiatan      :

GURU PEMBIMBING
SISWA
1. Guru masuk kelas dengan mengucap salam.
1. Siswa duduk dan menjawab salam.
2. Menyampaikan materi.
2. Siswa mendengarkan dan memahami materi yang diberikan.
3. Membagi kelompok
(setiap kelompok ada 5 orang).
3. Membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang.
4. Memberikan tugas.
4. Memahami dan mempelajari tugas yang diberikan oleh guru.
5. Menyuruh kelompok untuk mengerjakan tugas.
5. Setiap kelompok mengerjakan tugas.
6. Mngevaluasi kegiatan.
6. Memahami dan mengambil nilai-nilai dari maksud kegiatan tersebut.


H. Metode                   : Ceramah, Tanya-jawab, diskusi.

I. Tempat
 Penyelenggaraan     : Kelas X-1

J. Waktu                      : 1x45 menit

Hari, Tanggal           : 11 Maret 2012

Semester                   : I (ganjil)

K. Penyelenggara
Layanan                : Guru Pembimbing

L. Pihak yang
Disertakan             : Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia

M. Alat/perlengkapan : Alat tulis (buku,pena), papan tulis, spidol.

N. Rencana Penilaian dan
Tindak Lanjut       : 1. Rencana Penilaian

a.       Laizeg
Dalam penilaian ini guru secara langsung mengamati atau mengobservasi langsung proses jalannya kegiatan. Setelah kegiatan guru pembimbing mengevaluasi tentang makna atau nilai-nlai apa yang didapatkan dalam kegiatan tersebut.

b.      Laijapen
Guru pembimbing menyerahkan peserta didik kepada guru maple untuk diliat atau dipantau perkembangannya selama 1 bulan. Apakah ada perkembangan atau perubahan yang lebih baik setelah mendapatkan bimmbingan tersebut.

c.       Laijapan
Dalam penilaian ini dapat diliat dari hasil belajar selama satu semester dengan melihat raport siswa.

2. Tindak Lanjut
Dalam tindak lanjut ini akan dilakukan jika ada salah satu siswa atau beberapa siswa belum mengalami perubahan. Dalam tindak lanjut ini bias menggunakan konseling individu atau konseling kelompok.

O. Keterkaitan Layanan
Dengan Kegiatan
Pendukung                        : Instrument dan Himpunan Data

P. Catatan Khusus                  : -

Q. Sumber                               : www.hprory.com/pengertian-konsentrasi/











 







Salatiga, 11 Maret 2012

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                   Guru Pembimbing
                                                                                               



Drs. Budianto                                                                                     Rina Ayu Bintari
NIP. 17600987                                                                                   NIP. 132010039



LAMPIRAN 1
MATERI KONSENTRASI

konsentrasi adalah pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. semua kegiatan kita membutuhkan konsentrasi. dengan konsentrasi kita dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan dengan hasil yang lebih baik. karena kurang konsentrasi hasil pekerjaan biasanya tidak dapat maksimal dan diselesaikan dalam waktu yang cukup lama.
salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan konsentrasi adalah karena orang tersebut gemar melamun secara berlebihan. ketika seseorang melamun maka pikirannya akan melayang-layang sehingga kekuatan konsentrasinya menjadi lemah. prilaku ini harus secepatnya dicegah karena jika hal ini dibiarkan terlalu lama maka orang tersebut akan menjadi gagal dalam mencapai cita-citanya.
agar konsentrasi menjadi kuat maka kita perlu melatih konsentrasi. pikiran perlu diarahkan hanya pada satu titik saja pada suatu waktu. jika pikiran melayang maka orang tersebut harus diingatkan dan diarahkan agar kembali ke titik semula.

Berikut ini ada beberapa tips cara meningkatkan konsentrasi belajar (Marthinz) :

1.      Hilangkan Beban dan Tugas-Tugas
Jika ada PR (pekerjaan rumah) sebaiknya diselesaikan dulu agar tidak kepikiran terus-menerus pd saat kegiatan belajar berlangsung. Lakukan identifikasi hal-hal yg hrs dilakukan / melaksanakannya agar tidak ada beban
2.      Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan


Untuk menyemangati kegiatan belajar kita harus sedikit berandai-andai, yakni kalau kita sudah besar nanti akan sukses jadi org pandai, penghasilan besar, punya pacar cakep, dll. Dengan demikian maka kita akan menjadi lebih terpacu untuk meraih masa depan yang kita cita-citakan
3.      Jangan Terlalu Capek       
Usahakan tidak membuat jadwal belajar dgn aktivitas fisik berlebih seperti olahraga, main seharian, jalan-jalan ke mall, dan lainnya. Kalau sudah terlanjur capek maka bljr sebentarpun sudah bisa membuat ngantuk. Bila pulang sekolah sebaiknya langsung tidur siang atau sore lalu stlh bangun tidur langsung belajar yg serius.
4.      Posisi Belajar Yang Pas
Belajar jangan dengan posisi tubuh yang salah seperti sambil tiduran, sambil jalan-jalan, sambil nonton tv, sambil ngobrol, sambil jongkok, dan lain sebagainya. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar jika ada atau di meja dan kursi yang membuat kita senyaman di meja kursi sekolah atau kampus.
5.      Tempat yang tenang dan nyaman
Hindari lokasi belajar yg berisik/mudah menghilangkan konsentrasi belajar kita. Bila perlu menyendirilah anda di kamar tanpa suara apapun. Beritahu orang-orang di rumah kalau anda sedang belajar dan mohon untuk tidak diganggu beberapa waktu demi masa depan yang cemerlang.
 6.      Cari Tahu Metode Belajar Yang Tepat
Coba saja aktivitas tertentu yang menurut kamu dapat menunjang masuknya materi pelajaran ke dalam otak. misal sambil mendengarkan musik, sambil menyanyi, sambil keliling-keliling, sambil corat-coret kertas.
7.      Strategi Menghapal Materi Pelajaran
Jika punya kesulitan menghapal / memahami pelajaran maka sebaiknya membuat rangkuman pelajaran yang mudah dimengerti dan dpt dilihat / dibaca-baca kembali jika ada yang lupa. Bisa juga membuat hub.gmbr-gmbr yg mewakili point-poin pelajaran. Bisa juga merekam suara kita saat membaca materi pelajaran utk didengar kembali. Bisa pula membuat pertanyaan-pertanyaan tertentu yang atas materi yg telah dipelajari, dan lainnya.
8.      Istirahat / Break Jika Lelah
Jangan dipaksakan tubuh yang lelah untuk terus belajar karena tidak ada gunanya. Percuma bila dipaksakan pun bisa-bisa menjadi sakit spt; pusing vertigo, demam, badan lemas, masuk angin, dan lain-lain. Pelajaran yang sudah dihapal pun mungkin saja bisa
9.      Lupakan Sejenak Masalah Cinta dan Pacar
Buat apa pacaran kalau masa depan kamu rusak. Lebih baik jangan pacaran dulu kalau belum punya pacar atau buat kesepakatan dengan kekasih pujaan hati untuk janji saling setia dan saling mendukung dalam kegiatan belajar mengajar akan terlupakan.
Selain dari metode belajar yang diperhatikan, ada juga beberapa hal yang harus kita ketahui, yaitu faktor fisik yang juga mendukung konsentrasi dalam belajar. Apabila kita benar – benar menguasainya, konsentrasi memiliki manfaat yang luar biasa terhadap hidup kita. Konsentrasi dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan ketenangan pikiran.
Untuk itu saya juga akan memaparkan beberpa tips cara meningkatkan konsentrasi belajar anak dari segi fisik.

Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

1. Minum Vitamin Otak
Kita semua tahu bahwa vitamin dapat melakukan banyak hal baik bagi tubuh kita. Jika Anda tidak memiliki nutrisi yang Anda butuhkan, maka otak kita akan memiliki kabut otak. Terdengar bodoh? Tapi itu benar.
2. Tingkatkan Aktivitas Fisik Anda
Jika Anda ingin meningkatkan konsentrasi, maka Anda harus mencoba untuk meningkatkan aktivitas fisik Anda. Olahraga secara teratur tidak hanya membantu penampilan fisik Anda tetapi juga meningkatkan konsentrasi Anda.
3. Kurangi Konsumsi Gula Anda
Ya, Anda harus mengurangi konsumsi gula Anda. Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mengakibatkan efek yang keras pada tubuh Anda. Hal ini tidak akan membantu konsentrasi Anda. Memiliki kadar gula yang tinggi dalam sistem tubuh Anda dapat menyebabkan sistem tubuh Anda mudah terganggu.
4. Minum Banyak Air
Jika Anda tidak minum cukup banyak air, otak Anda akan menjadi lesu. Oleh karena itu, sangat masuk akal jika Anda minum banyak air. Minum air akan membantu untuk meningkatkan konsentrasi Anda.
5. Tidur Nyenyak Di Malam Hari
Jika Anda ingin memiliki hari yang sukses, maka sangat penting bagi Anda untuk memastikan Anda tidur dengan nyenyak di malam hari. Jika Anda tidak tidur dengan baik di malam hari, maka konsentrasi Anda tidak akan berjalan dengan baik pada hari berikutnya.
6. Menyelesaikan Masalah
Jika Anda memiliki sesuatu di pikiran Anda, maka hal itu dapat menyumbat konsentrasi Anda sampai Anda mengeluarkan hal itu dari pikiran Anda. Temukan seseorang yang Anda percaya dan ungkapkan semuanya. Ini bukan suatu hal yang salah, setiap orang melakukannya dari waktu ke waktu.
7. Mendapatkan Pijatan
Saya suka jika suami saya memijat saya. Saya tidak suka orang asing menyentuh tubuh saya, terutama jika suami saya dapat melakukan hal ini tanpa dipungut biaya. Saya menemukan bahwa pijatan yang baik selalu dapat meningkatkan konsentrasi saya dalam menjalani hari-hari yang sibuk.


 

LAMPIRAN 2
METODE PERMAINAN

STIP SEVEN
Tujuan dari permainan            :
·         Simulasi permainan untuk pemanasan
·         Pencairan suasana
·         Kesamaan pikiran/ konsentrasi
·         Membentuk dasar dari kerjasama
Waktu                                     : 45 menit
Jumlah peserta                         : 42 orang atau lebih
Desain Ruangan                      : disesuaikan dengan jumlah peserta
Alat Bantu                              : papan tulis, spidol, peluit
Prosedur                                  :
·         Disini peserta berdiri bersamaan dengan berpegangan tangan.
·         Fasilitator menginstruksikan berpasangan akan mencoba dari posisi 2 orang, kemudian meningkat terus dan akhirnya akan keselluruhan anggota/ peserta pelatihan.
·         Fasilitator memberikan aba-aba apabila peserta dari posisi 2 orang mendengar aba-aba Everybody down maka kedua orang tersebut, aka duduk dan berpegangan tangan, lalu ada aba-aba Everybody Ups….maka mereka akan berdiri bersama-sama. Demikian seterusnya.




LAMPIRAN 3
DISKUSI KELOMPOK

1.      Apa yang kalian peroleh dari permainan “konsentrasi” ?
2.      Apa yang membuat kalian bisa berkonsentrasi?
3.      Bagaimana perasaan kalian setelah mengikuti permainan ini ?

LAMPIRAN 4
PEDOMAN OBSERVASI
ASPEK YANG DIAMATI
JUMLAH
Siswa yang mengobrol saat materi disampaikan
16 siswa
Siswa yang bertanya
5 siswa
Siswa yang mengikuti permainan
42 siswa
Siswa yang berpartisipasi dalam diskusi kelompok
42 siswa
Siswa yang mengungkapkan hasil diskusi
10 siswa
Siswa yang belum berhasil berkonsentrasi dalam permainan
26 siswa

Laporan pelaksanan layanan bimbingan dan konseling

Judul/ spesifikasi layanan                    : meningkatkan konsentrasi belajar
Kelas                                                   : X-1
Waktu pelaksanaan                             : 12 Maret 2012
Hasiil                                                   :
Kegiatan awal diceritakan                  : guru memasuki kelas dengan melihat terlebih dahulu bagaimana keadaan kelas pada saat itu, lalu mengucapkan salam dan siswa-siswanya menjawab salam.
Kegiatan inti                                       : guru menyampaikan materi kepada peserta didik.
Kegiatan akhir                                     : guru memberikan umpan balik terhadap peserta didik.
Hasil penilaian awal                            : peserta didik merespon dengan antusius karena pada mata pelajaran sebelumnya sangat membosankan.

1 komentar: